Search This Blog

Pusat Layanan Goodie Bag

bantu jawab dongggggg​

bantu jawab dongggggg​

Jawaban:

14. Jawaban yang benar adalah A. Kaya dene ayu dewe. Tepa palupi dalam bahasa Jawa berarti "seperti diri sendiri" atau "sama seperti diri sendiri". Oleh karena itu, jawaban yang tepat adalah "kaya dene ayu dewe" yang berarti "kaya dan cantik seperti dirinya sendiri".

15. Jawaban yang benar adalah C. Sekar gambuh ping catur. Tembang macapat pangkur adalah salah satu jenis tembang macapat dalam tradisi Jawa. "Sekar gambuh ping catur" mengacu pada salah satu bentuk tembang macapat pangkur yang memiliki empat bait.

16. Jawaban yang benar adalah A. Mrin kretarta pakaritining ngeimu luhung. Gatra katelu tembang pangkur mengacu pada bait ketiga dalam tembang macapat pangkur. "Mrin kretarta pakaritining ngeimu luhung" berarti "menghormati dan memuji keagunganmu".

17. Jawaban yang benar adalah B. Wangsalan. Unen-unen kang ajeg penganggone mawa teges tertamtu diarani "wangsalan", yang berarti peribahasa atau pepatah dalam bahasa Jawa.

18. Jawaban yang benar adalah C. Parikan. Unen-unen kang ajeg panganggone mawia teges tartamtu sing disemoni sipat utawa kahanane wong/barang yalily diarani "parikan", yang berarti gurauan atau lelucon dalam bahasa Jawa.

19. Jawaban yang benar adalah D. Saloka. Unen-unen kang ajeg panganggone mawa teges tartamtu sing disemoni wonge utawa ulah krithane manungsa yalku diarani "saloka", yang berarti pantun dalam bahasa Jawa.

20. Jawaban yang benar adalah A. Emban cindhe emban siladan. Tembung ing isor liki kang kalebu paribasan yalku "emban cindhe emban siladan" berarti "menolong satu sama lain".

21. Jawaban yang benar adalah D. Becik ketitik ala ketara. Tembung ing isor liki kang kalebu saloka yalku "becik ketitik ala ketara" berarti "baik sedikit tapi jelas terlihat".

22. Jawaban yang benar adalah B. Kakehan gludug tanpa udan. Wong kang kegedhen kepinginan nanging ora sembada kena diparbasaake "kakehan gludug tanpa udan" berarti "banyak suara gemuruh tanpa hujan", mengacu pada seseorang yang banyak bicara tapi tidak ada tindakan nyata.

23. Jawaban yang benar adalah B. Kebanjiran segara madu. Tembung ing isor liki kang kalebu paribasan yalku "kebanjiran segara madu" berarti "terlalu banyak kebaikan atau keuntungan".

24. Jawaban yang benar adalah A. Ancik-ancik pucuking eri. Dadi wong tua yen anak e wadon wis nganck dewasa kaya dene "ancik-ancik pucuking eri" berarti "menjadi tua jika anak perempuannya sudah dewasa", mengacu pada seseorang yang menjadi tua ketika anak perempuannya sudah menikah.

25. Jawaban yang benar adalah B. Kriwikan dadi grojogan. Anane perang baratha yudha lku amarga "kriwikan dadi grojogan" berarti "burung kutilang berubah menjadi air terjun", mengacu pada perubahan yang dramatis atau tiba-tiba.

Post a Comment

0 Comments